Tuesday, November 4, 2014

Model Obsorn Parne


Oleh Diwan Aprillia
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Dengan menginiasi dari model belajar Proses Pemecahan Masalah Kreatif (Creative Problem Solving Process), model ini merupakan perangkat yang fleksibel yang dapat diterapkan untuk pengujian masalah-masalah dan isu-isu nyata. Enam tahap dalam model ini dikembangkan oleh pencipta Brainstorming, Alex Osborn dan Dr.Sidney, mempresentasikan tahap sistematis dalam mengidentifikasi tantangan, menciptakan gagasan, serta menerapkan solusi inovatif.
Enam langkah logis model pembelajaran Osborn parne ini yaitu :
1.        Penemuan tujuan – identifikasi tujuan, tantangan, dan arah masa depan
2.        Penemuan fakta – pengumpulan data tentang masalah, mengobservasi masalah dengan seobjektif mungkin
3.        Pemecahan masalah – pengujian masalah untuk dipisah menurut bagian-bagiannya menjadi yang lebih kecil, serta menguraikan masalah secara terbuka
4.        Penemuan gagasan – menciptakan gagasan sebanyak mungkin terkait dengan masalah yang dihadapi dan yang ingin dipecahkan, brainstorming.
5.        Penemuan solusi – memilih solusi yang paling tepat dan sesuai dengan mengembangkan dan memilih kriteria untuk menilai apa saja solusi alternative yang dianggap yang terbaik.
6.        Penerimaan – membuat rencana tentang tindakan yang akan dilakukan

            Model pembelajaran ini berbeda dengan model pembelajaran yang lainnya karena model ini lebih menekankan pada kebutuhan untuk menunda judgement terhadap gagasan-gagasan dan juga solusi yang diperoleh hingga keputusan final telah siap untuk dibuat. Peran guru dalam model ini sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang di dalamnya para siswanya merasa nyaman dalam membuat dan menemukan gagasan-gagasan.

0 komentar:

Post a Comment