Oleh Cahya Aristya Buana
Kurikulum dan Teknologi
Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Semarang
Pandangan Krathwohl terhadap belajar. Krathwohl juga
termasuk penganut aliran humanis. Mereka lebih menekankan perhatiannya pada apa
yang mesti dikuasai oleh individu (sebagai tujuan belajar), setelah melalui
peristiwa-peristiwa belajar. Tujuan belajar yang dikemukakannya dirangkum ke
dalam tiga kawasan yang dikenal dengan sebutanTaksonomi Bloom. Melalui
taksonomi Bloom inilah telah berhasil memberikan ispirasi kepada banyak pakar
pendidikan dalam mengembangkan teori-teori maupun peraktek pembelajaran. Pada
tataran praktis, taksonomi Bloom ini telah membantu para pendidik dan guru
untuk merumuskan tujuan-tujuan belajar yang akan dicapai, dengan rumusan yang
mudah dipahami.
Berpijak
pada taksonomi Bloom ini pula para praktisi pendidikan dapat merancang
program-program pembelajarannya. Setidaknya di Indonesia, taksonomi Bloom ini
telah banyak dikenal dan paling populer di lingkungan pendidikan. Secara
ringkas, ketiga kawasan dalam taksonomi Bloom adalah sebagai berikut :
Domain koognitif, terdiri atas 6 tingkatan, yaitu
:
1.
Pengetahuan (mengingat, menghafal)
2.
Pemahaman (menginterprestasikan)
3.
Aplikasi (menggunakan konsep untuk memecahkan
masalah)
4.
Analisis (menjabarkan suatu konsep)
5.
Sintesis (menggabungkan bagian-bagian konsep
menjadi suatu konsep utuh
6.
Evaluasi (membandingkan nilai-nilai, ide, metode,
dsb
Domain psikomotor, terdiri atas 5 tingkatan, yaitu :
1.
Peniruan (menirukan gerak)
2.
Penggunaan (menggunakan konsep untuk melakukan
gerak)
3.
Ketepatan (melakukan gerak dengan benar)
4.
Perangkaian (melakukan beberapa gerakan sekaligus
dengan benar)
5.
Naturalisasi (melakukan gerak secara wajar
Domain afektif, terdiri atas 5 tingkatan, yaitu :
a.
Pengalaman (ingin menerima, sadar akan adanya
sesuatu)
b.
Merespon (aktif berprtisipasi)
c.
Penghargaan (menerima nilai-nilai, setia pada
nilai-nilai tertentu)
d.
Pengorganisasan (menghubung-hubungkan nilai-nilai
yang dipercayainya)
e.
Pengamalan (menjadikan nilai-nilai sebagai bagian
dari pola hidupnya)
0 komentar:
Post a Comment